Jun 14, 2011

Pengerdilan Makna Pikir Manusia

Sedikit membandingkan antara pola pikir saya dan adik saya. Jelas kami berasal dari satu rahim yang sama, tapi sekarang ini menjadi sangat berbeda dalam memandang kehidupan. Bukan kemudian ingin menyepelekan sekolah yang dipilih saudara saya tercinta ini, tapi pada akhirnya output yang dihasilkan memang berbeda. Obrolan serius antara saya dan adik saya ini bertema pola pikir mahasiswa, yang belajar di universitas negeri dan menjadi aktivis dengan yang belajar di universitas swasta dan study oriented.
Bisa dikatakan ini adalah perbandingan antara pola pikir saya memandang hidup dan si “Ndut” dalam memandang hidup dengan kacamata kami masing-masing. Bagi saya jelas, mereka yang punya kesempatan menikmati pendidikan hingga perguruan tinggi adalah seorang yang memiliki tanggungjawab moral untuk memperbaiki bangsanya, lingkungannya, tapi bagi dia tidak, katanya “lo harus mikir lah, sekarang tuh dunia butuh apa? Bisnis dan konsumsi produk sama jasa itu meningkat dengan bertambah banyaknya manusia, yang harusnya dihasilkan adalah orang-orang yang bisa memenuhi kebutuhan pasar. Hidup tuh berjalan kak, perlu biaya.” Dan bla-bla-bla lainnya (saya lupa). Inti pikiran anak ini adalah seharusnya perguruan tinggi mencetak mahasiswa yang memenuhi kebutuhan pasar yang kemudian bisa menghasilkan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Bila saya boleh menarik kesimpulan yaitu tanpa menyentuh proses perbaikan atau pembetulan aspek moral, tapi cukup untuk memehuni kebutuhan diri sendiri dan keluarga (tunas pikiran individualis).
Yah kami memang begitu, bisa jadi sama-sama cerdas, tapi beda cara pandang.
Kekhawatiran saya terhadap pragmatisme generasi muda, malah benar-benar diperlihatkan dalam sosok adik kandung saya sendiri, di luar rumah saya berusaha membangun paradigma adik-adik SMA untuk kemudian berakhlak baik dan mau bergerak memperbaiki tidak hanya pribadi tapi juga lingkungan. Eeeh tak tahunya adik saya sendiri... -.-a, ini adalah PR besar bagi saya.
Baiklah. Dalam waktu yang besamaan ketika saya mulai menghabiskan waktu mengkonsumsi rangkaian kata milik Hamka dalam bukunya Falsafah Hidup yang diterbitkan tahun 1982. Buku dengan kertas telah menguning, dan beberapa halamannya hilang entah kemana itu saya temukan dalam deretan buku di rak teman saya, punya ayahnya. Pada awalnya saya pikir buku bertema filsafat kehidupan itu akan mengulas panjang dan menjawab ilmu-ilmu filsafat yang kadang banyak mempertanyakan keberadaan Tuhan. Namun, berbeda, bagi saya buku ini simpel, tapi mengena, bicara tentang bagaimana seharusnya hidup, bagaimana mengelola akal, hawa, dan nafsu yang dibenturkan Tuhan dengan realitas dan syariat yang dibuatNya.
Suatu hal yang saya temukan, rupanya filsafat Islam dalam satu abad ini telah dihambat (atau malah dimatikan) perkembangannya. Ingat beberapa tahun lalu ketika saya begitu anti dengan filsafat. Maklum saat itu ilmu masih cetek, walaupun sekarang juga tak pantas dikatakan tinggi. Saat ini juga banyak muslim, bahkan beberapa dari kalangan santri masih membangun benteng antipati untuk membahas filsafat dengan alasan menghindari perdebatan mengenai keyakinan akan ketuhanan. Sayangnya ini terkesan benar, karena dalam waktu yang bersamaan kita disuguhkan dengan produk-produk filsafat lain yang mengacaukan, layaknya komunisme, atheisme, agnostik, dan lainnya. Namun, perlu disadari juga hilangnya filsafat dari bahasan kita juga mengerdilkan pikiran untuk kemudian menelaah dan menemukan konsep ketuhanan yang menenangkan jiwa.
Filsafat berasal dari kata “pilos” yang artinya penggemar dan “sofos” yang artinya hikmat atau ilmu. Jadi bisa dimaknai filsafat adalah kegemaran akan ilmu. Ketika kesukaan akan ilmu ini dihambat, jelas saja akan banyak individu yang tak bergerak untuk mencari ilmu dan makna untuk kehidupannya, dan sangat jelas bahwa virus-virus kebodohan akan merajalela, subur. Dan indonesia sepertinya adalah tempat basah dimana filsafat itu sengaja dihambat (menurut saya) oleh tangan-tangan tak terlihat, maka jadilah bangsa kita terkondisikan dan memang dikondisikan berpikiran pragmatis, sempit-is dan praktis, contoh dalam hal ini adalah output kampus yang berpola pikir sempit, untuk memenuhi kebutuhan pasar, tidak lagi peduli akan perbaikan dan penjagaan segala aspek kehidupan.
Sepertinya ini memang agenda besar untuk mengerdilkan pikiran. Misal lainnya tentang makna mengaji yang sebenarnya berasal dari kata dasar kaji yang artinya mencari makna atas sesuatu, tapi saat ini mengaji dikecilkan maknanya menjadi membaca Al Quran tanpa mencari maknanya, sedangkan sebutan untuk mencari makna atas sesuatu tergantikan dengan kata MENGKAJI. Padahal maksud para ulama dan ustadz terdahulu yang menyebut membaca Al Quran dengan sebutan mengaji adalah memang mencari makna dari ayat-ayat itu sendiri.
Tidakkah di sadari bahwa muslim saat ini disibukkan dengan pemenuhan kebutuhannya pribadi tanpa diiringi pikiran untuk memperbaiki umat. Padahal jelas perkataan Allah “sampaikanlah walau hanya satu ayat.” Atau banyaknya hadits yang bertema habluminannas dan seruan untuk membentuk kebermanfaatan pribadi terhadap sesama. Maka tak mungkinlah seorang muslim hanya memikirkan diri sendiri, dan hidup dengan pola prinsip individualisme, yang katanya mengedepankan tidak terganggunya hak orang lain. Padahal dalam prinsip islam yang mulai dirancukan, kita juga diharuskan menghormati hak-hak orang lain yang sesuai aturan Allah, larangan bersikap zhalim yaitu tidak menempatkan sesuatu pada tempatnya, mengganggu hak orang lain yang tidak melanggar syariat tidak pernah diperkenankan dalam islam. Namun sayangnya, saat ini hukum Islam diperlihatkan seperti mengekang hak dan memenjarakan kebebasan berekspresi para pengikutnya, padahal ini adalah bentuk penyempitan pola pikir yang membahayakan, yang membuat umat enggan untuk berdisiplin diri dalam beragama.
Atau tentang sibuknya diri kita untuk memenuhi kebutuhan pasar tanpa berpikir bagaimana mencari kepuasan dan ketenangan diri dengan bertuhan dan mencari ilmu serta makna. Padahal agama Islam adalah agama yang mengedepankan akal dan selalu menyerukan penganutnya untuk berpikir dan mengolah fenomena. Lihatlah berapa banyak ayat dalam Al Quran yang menyerukan untuk berpikir atau ditujukan untuk mereka yang mau berpikir.
Terkungkungnya kita dalam kesibukan memenuhi kebutuhan pribadi dan mengenyampingkan perbaikan dalam kehidupan masyarakat membuat bangsa ini jauh tertinggal. Bangsa kita tercetak sibuk, tapi untuk memenuhi kebutuhan perut, miris. Tak pernah lagi berpikir bagaimana memperbaiki akhlak dan moral sumber daya manusianya. Tak lagi berpikir bagaimana ilmu begitu penting untuk dimiliki, bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan fisik, tapi juga untuk menghasilkan generasi cerdas yang peduli dan dapat memberbaiki serta mengangkat kembali nama bangsa yang sedang terpuruk.
Kita hidup bukanlah sendiri, kita hidup dengan banyak koloni, tapi memang juga dengan banyak kepentingan. Jangan mau dijadikan sibuk seperti budak pasar yang tak tahu tujuan kecuali menyenangkan tuan yang membayarnya, tanpa punya keinginan untuk merubah keadaaan untuk menjadi semakin baik. Terlalu sayang bila otak yang diciptakan Allah dengan sangat canggih ini hanya terpakai untuk berpikir masalah perut, apalagi jika tak dipakai.
---------------------------------------------------------------------------
Sebuah note yang sebenarnya ditujukan untuk adik saya tercinta,,,
“kapan kita memiliki cara yang sama lagi dalam memandang,,,? aku rindu beriringan bersamamu, semoga Allah segera mengembalikannya untuk membuat kita kembali bersama...”

Jun 2, 2011

bukanlah jamaah malaikat

Aku tulis ini, ketika malam mulai makin kelam. Sendiri membuat ku lebih bisa merenung, berpikir, dan mencari celah hikmah diantara banyak peristiwa hidup.
Aku merasa hidupku dibesarkan Allah dalam naungan cinta ala tarbiyah, yah walaupun aku bukanlah seorang yang lahir dari rahim ibu yang tertarbiyah, tapi aku rasa aku besar dan terbentuk menjadi seseorang, dalam lingkup ruang tarbiyah. Teringat ketika tujuh atau delapan tahun lalu ketika aku memperhatikan mereka yang berjilbab sangat lebar untuk tataran ku yang berasal dari keluarga dengan kualitas keislaman yang biasa saja. Aneh, pasti sumuk banget tuh—pikiran ala Nuram di jaman jahiliyahnya.
Melihat mereka bergerombol, hanya satu hal yang aku pikirkan::: EKSKLUSIF! Bahkan ketika aku alami satu moment yang membuatku saat ini sangat berusaha menyapa orang-orang diluar lingkup para jilbaber dengan lebih hangat dan ramah adalah ketika aku yang duduk berdua merasa tak dianggap karena si oknum jilbaber itu hanya menyapa teman ngobrolku yang notabene anak rohis, sedangkan aku terabaikan.
Tapi suatu ketika, aku (dengan sangat aneh) ingin masuk dalam komunitas mereka (para jilbaber generasi awal dimataku), ada apa ini??? Aku kesambet atau terhembus angin apa sampai mendaftarkan diri dalam lingkup rohis. Yah hanya ingin memperbaiki diri, kali aja jadi lebih bener. Pendek kata::: ISENG, tapi rada seriusnya juga, rasanya saat itu aku butuh menjadi seseorang yang lebih baik.
Mulailah aku bertemu dengan si kakak jilbaber1, hem, aku lupa bagaimana aku bisa membangun cinta untuk orang ini, awalnya seingatku hanya segaris rasa kasihan. Namun, lama kelamaan sabarnya beliau menunggui aku yang acuh tak acuh datang liqo ceria (sebut: mentoring) membuat hatiku luluh, kata-katanya masuk dalam logikaku, dan emosinya satu frekuensi dengan perasaanku, maka jadilah aku rajin datang mentoring ceria itu. Disamping aku juga butuh figur orang dewasa yang bisa mendengarkan celotehan remaja tanggung sepertiku saat itu.
Baiklah, mungkin itu sedikit cerita awal aku berkenalan dengan tarbiyah. Kembali lagi pada hal yang beririsan dengan tarbiyah, pembentuk hidupku. Ketika aku mulai memasuki tarbiyah lebih jauh, dalam bayangan masa muda yang penuh dengan idealisme dan gambaran kesempurnaan, maka aku mulai mematok bahwa siapapun yang berada dalam barisan tarbiyah, orang-orang yang liqo, orang-orang yang ikut mentoring, berapapun usianya maka ia pastilah manusia baik, yang pintar, ramah, murah senyum, tidak sombong, pengertian, lembut, dll perilaku baik lainnya, intinya, tak mungkinlah ada cacat. Dan pemaknaan eksklusifku tentang para jilbaber mulai runtuh berganti kesempurnaan dan kemuliaan akhlak.
Namun, memasuki dunia kampus, saat bertemu dengan kakak-kakak atau senior kampus yang setahuku tertarbiyah, seakan melunturkan anggapan mengenai kemuliaan akhlak. Meluntur dengan kikisan, agak sakit, tapi masih tertahan. Seringkali aku marah ketika ada seorang ikhwah tak mau bergerak dalam jalan dakwah, padahal jelas itu adalah tanggungjawabnya, atau protes besar pertamaku ketika ada seorang kakak yang mengundurkan diri dan diri ku terancam menjadi penggantinya secara mendadak, ko bisa “dia” seperti itu sikapnya? Padahal “dia” tertarbiyah. Baiklah, sampai akhirnya ku temukan istilah pendek, namun tak mudah untuk dipahami, dimengerti apalagi diimplikasikan olehku dan karakterku::: “bukan jamaah malaikat.”
Memasuki hitungan tahun kedelapan mengenal tarbiyah, membuatku mengulas ulang berbagai macam pengalaman yang mendewasakan dan menguatkan. Mulai dari rasa nyaman yang membuat aman, hingga sakit perih yang membuatku berusaha lebih bijak dalam memandang. Semua aku alami dan aku rasakan karena hidupku beririsan dengan tarbiyah.
Dimulai dengan ketidaksiapanku melihat mereka yang tumbuh bersamaku atau malah lebih dahulu dari aku dalam mengenal tarbiyah mulai berguguran, satu demi satu. Kabar bahwa mereka tak lagi sejalan, bahkan tak lagi satu pikiran membuat ku menarik nafas lebih panjang. Fuh,,, memang istiqomah adalah sebuah kedahsyatan, layaknya berdiri di gempuran ombak (mulai lebay...) perlu upaya dan kesabaran untuk bisa berteman dengannya. Tapi yang harus aku pahami, berbeda jalan bukanlah membuat mereka kemudian lebih buruk ketimbang aku, karena jalan untuk untuk menjadi baik, telah Allah janjikan terbentang selama perjalanan 70 tahun, maka tarbiyah hanyalah salah satu diantaranya, bukanlah satu-satunya.
Namun (lagi), nyata-nyata menerima kabar dan kenyataan yang ada cukup membuat aku berhenti sejenak untuk berpikir, apakah ada dari manhaj ini yang salah, ataukah ini adalah konsekuensi dari istilah “bukanlah jamaah malaikat”? sehingga sepak terjang pelaku tarbiyah walaupun sumbernya satu, tapi karena bertemu dengan otak, cara pikir, karakter, daya nalar, atau budaya yang berbeda, maka ia menjadi berbeda? Allah...
Tak pantas rasanya aku menggugat mereka, karena “siapakah aku?” yang belum tentu lebih baik. Namun, mungkin ada yang sedikit aku tanyakan: “kemanakah semangat kita dahulu kawan? Semangat kita untuk menjadikan diri dan sekitar kita lebih baik...” entahlah, siapalah aku yang (kembali) entah pantas atau tidak mempertanyakan itu.
Satu hal yang kembali aku pelajari, ini benar-benar bukanlah jamaah malaikat, maka tentulah didalamnya kita akan terus saja menemui ketidaksempurnaan dan cacat, tapi bukankah kita juga telah belajar dalam materi-materi hidup, bahwasanya hanya Allah lah yang sempurna, maka tak perlulah sering-sering kita risaukan dan masalahkan ketidaksempurnakan itu, titik tekankan pada:: kelebihan yang bisa berlipat lagi kita lebihkan, postif yang bisa kita dua kali lipatkan, bahkan pun si negatif akan kita temukan sebagai positif bila kita tahu caranya, yaitu kuadratkan.
Sekarang, di tahun ke tujuh atau delapan aku terdekap dalam ukhuwah tarbiyah, aku masih belajar untuk menjadikan diri lebih baik, dan berusaha menularkan kebaikan.
-----------------------------------------------------------------------------
Menularkan semangat... hehe. Bukanlah jamaah malaikat. Kesalahan dalam proses belajar (menjadi baik adalah hal biasa, yang luar biasa adalah ketika kita terus saja tahan (istiqomah) dalam himpitan kemerdekaan yang telah dilamar.