Jun 29, 2009

EfiKaSi DiRi

Apa itu efikasi diri?
Dalam bahasa awam efikasi diri adalah kepercayaan diri. Istilah ini diperkenalkan oleh pak Bandura (tokoh psikologi behavioral) dalam teori belajar social. Pak Bandura sendiri mengartikan efikasi diri sebagai keyakinan yang ada pada diri seseorang akan kemampuan untuk mengorganisasi dan melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan dalam mencapai suatu tujuan. Lebih gampangnya efikasi diri merupakan penilaian seseorang terhadap kemampuan dirinya dalam melakukan sesuatu kemudian orang tersebut membuat perilaku yang tepat untuk mencapai tujuan yang diharapkannya itu.

Masih menurut pak bandura, efikasi diri berpengaruh terhadap pencapaian prestasi akademik, gimana bisa? Ya bisa… dalam teori belajar sosialnya pak Bandura menjelaskan bahwa jika seorang individu yang memiliki efikasi diri yang tinggi mau menerima tugas-tugas akademis yang diberikan kepadanya, mengerahkan usaha untuk mengerjakan tugas dengan lebih tekun sehingga individu dapat mencapai prestasi akademis yang tinggi, selain itu ia akan berpikir bahwa dirinya mampu melakukan sesuatu serta mencapai prestasi yang diinginkan.
Nah… kalo dihubungkan dengan hadits nabi yang mengatakan bahwa Allah itu sesuai dengan prasangka hamb-hambaNya, teori ini cukup mendukung hal tersebut. Bisa dikatakan jika kita berpikir dan meyakini bahwa kita bisa dan Allah akan membantu kita dalam menyelesaikan tugas yang datang pada kita atau ujian ynag sedang melanda kita.

Maka dari itu, sebaiknya kita mulai berkenalan dengan efikasi diri. Efikasi diri ini adalah sesuatu yang fluktuatif, ia bisa bergerak naik dan turun tergantung dari kita yang memilikinya. Menaikkan efikasi diri dilakukan dengan cara meyakini bahwa diri kita mampu melakukan sesuatu, mempercayai bahwa diri kita bisa menghadapi dan menyelesaikan tugas yang datang pada kita, dan kemudian ditambah dengan kita berusaha untuk melakukan sesuatu agar tujuan yang kita inginkan.
Berkenalan dengan efikasi diri membuat kita belajar untuk yakin dengan kemampuan kita, bahwa kita mampu, bahwa kita bisa. Dan tentunya jangan langsung berpikir kita tidak bisa.

TUNJUKKAN EFIKASI DIRI MU!!!

No comments:

Post a Comment